Total Tayangan Halaman

Sabtu, 06 Oktober 2012

RUANG LINGKUP BISNIS

Pengertian bisnisSecara historis, kata bisnis berasal dari bahasa inggris, yaitu business, kata dasarnya busy = sibuk, dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Secara etimologi, bisnis adalah keadaan dimana seseorang/kelompok orang yang sibuk melakukan pekerjaan dengan tujuan menghasilkan keuntungan.
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang/jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba.

Jenis-Jenis Bisnis
1.    Monopsoni adalah keadaan di mana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan/menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
Contoh:  PT.KAI adalah satu-satunya perusahaan yang menangani kereta api di Indonesia
2.    Monopoli berasal dari bahasa Yunani, yaitu Monos = satu, menjual. Monopoli adalah keadaan di mana hanya ada satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga (price marker) pada pasar ini adalah seorang penjual yang disebut Monopolis. Semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harganya, begitu pula sebaliknya. Penjual juga memiliki keterbatasan dalam penetapan harga. Jika penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian atau mencari/membuat barang subtitusi (pengganti) atau bahkan meencari barang tersebut di pasar gelap.
3.    Oligopoli adalah keadaan di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari 2, tetapi kurang dari 10. Struktur pasar oligopoli umumnya terbentuk pada industri-industri yang memiliki Capital Intensive yang tinggi, misalnya Industri Semen, Industri Mobil, dan Industri Kertas.
4.    Oligopsoni adalah keadaan di mana dua/lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan/menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam pasar komoditas.

Tujuan Bisnis
Secara umum:
•    Menyediakan produk berupa barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen
•    Memperoleh keuntungan

Dalam jangka panjang:
1)    Market Standing adalah penguasaan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan  dan profit dalam jangka panjang.
2)    Innovation adalah penemuan baru dalam produk (barang/jasa) dan penemuan baru dalam keahlian.
Misalnya penjualan sampo yang sudah beraneka macam,sampo untuk ketombe,sampo untuk rambut rontok, dll.
3)    Physical and Financial Resources, bertujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan menguntungkan.
4)    Manager Performance and Development adalah orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Agar dapat mengelola perusahaan dengan baik, maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and development yang berkelanjutan.
5)    Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang,maka sikap karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
6)    Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat,mencegah terjadinya polusi, menciptakan lapangan kerja.

Tujuan Kebijakan Bisnis
•    MELINDUNGI USAHA KECIL DAN MENENGAH
Kebijakan ini dibuat untuk melindungi usaha menengah kebawah, karena mayoritas bisnis di Indonesia didominasi oleh usaha-usaha menengah keatas. Kebijakan ini berguna untuk mencegah usaha kecil tersingkir dan tidak mempunyai lahan berusaha. Seharusnya usaha kecil dikembangkan, sehingga dapat menjadi lebih besar dan memiliki daya saing yang kuat.
•    MELINDUNGI LINGKUNGAN HIDUP SEKITAR
Peraturan bisnis dibuat bertujuan agar tidak merusak atau berdampak negatif kepada lingkungan sekitar tempat usaha tersebut. Sebagai contoh, tidak diperbolehkan membuang limbah ke sungai.


•    MELINDUNGI KONSUMEN
Konsumen adalah raja yang perlu dilindungi dan jangan sampai dirugikan/dikecewakan karena mengkonsumsi jasa/barang yang diproduksi dari pebisnis. Segala yang diberikan kepada konsumen haruslah yang terbaik dan pelayanannya pun harus baik. Jika konsumen merasa dilindungi dan mendapatkan yang terbaik, konsumen tidak segan-segan bekerja sama lagi
•    PENDAPATAN PEMERINTAH
Bisnis yang beroperasi  bekewajiban membayar pajak kepada pemerinttah, inilah yang sering disebut devisa. Semakin banyak laba  yang diperoleh suatu usaha bisnis, semakin besar pula pajak yang harus dibayarkan kepada pemerintah. Devisa tersebut digunakan oleh pemerintah untuk melakukan pembangunan negara.
Sistem Perekonomian  dan Sistem Pasar
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam bebrapa sistem,seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya,semua faktor tersebut dipegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.

Sistem pasar adalah proses sistematis yang memungkinkan banyak pelaku pasar untuk penawaran dan bertanya: penawar membantu dan penjual berinteraksi dan membuat kesepakatan. Hal ini tidak hanya mekanisme harga, tetapi seluruh sistem peraturan, kualifikasi, kredensial, reputasi dan kliring yang mengelilingi bahwa mekanisme dan membuatnya beroperasi dalam konteks sosial.

Kesempatan Bisnis/UsahaHal yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis:
  • Memenuhi Kebutuhan Konsumen
Bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen adalah hal yang dapat membuka kesempatan bisnis.  Jika tempat tinggal Anda berdekatan dengan  sekolah, maka Anda dapat membuka toko fotokopian dan alat-alat sekolah lainnya, agar siswa lebih mudah memenuhi kebutuhan mereka sebagai siswa.
  • Jual Keunikan
Jika Anda kreatif dan inovatif,itu juga dapat membuka kesempatan bisnis dan dapat dikembangkan.
  • Duplikasi Usaha Lain
Bagi yang merasa dirinya kurang kreatif dan inovatif, jangan putus asa. Anda hanya perlu membaca peluang, mengukur potensi, dan berani mengambil resiko.
  • Beri Fasilitas Tambahan
Hampir sama dengan cara sebelumnya, hanya saja kreativitas lebih ditunjukkan lagi. Misalnya, tetangga Anda membuka Warnet, Anda masih menyainginya dengan tambahan fasilitas/memperluas penawaran. Contohnya membuka warung di lokasi yang sama.
  • Jual Keterampilan
Menyewakan tempat yang bagus, dilengkapi dengan alat-alat tertentu, dan pelayanan yang baik. Anda pun sudah memiliki sebuah bisnis. Contohnya membuka salon
  • Usaha Bersama
Terkadang usaha tertentu bisa lebih bagus jika didirikan dan dikelola bersama-sama. Misalnya, Anda mahir dalam masak memasak, sementara teman Anda punya relasi yang luas. Kalian dapat membuka usaha restoran secara bersama-sama.
  • Beli Waralaba
Bagi Anda yang memiliki modal yang lumayan besar, tetapi tidak mau repot memikirkan usaha yang baru, beli waralaba(franchise) dapat menjadi pilihan. Waralaba adalah jenis usaha yang relatif terstandarisasi. Butuh kejelian membaca waralaba yang bagus.

Unsur-Unsur Penting dalam Aktivitas EkonomiAktivitas ekonomi memerlukan 3 unsur, antara lain:
1)    Keinginan manusia
2)    Faktor-faktor produksi
3)    Cara-cara berproduksi (Techniques of Production)

Hakikat Bisnis
Konsep bisnis yaitu mementingkan dan melayani orang lain. Mementingkan orang lain adalah rahasia bisnis terpenting sepanjang masa. Mengatakan demikian menunjukkan bahwa Anda belum memahami hakikat bisnis yang sesungguhnya. Bisnis yang mementingkan dirinya sendiri akan hancur. Hakikat bisnis yang sesungguhnya adalah mementingkan orang lain. Ini bukan sekedar konsep kemuliaan dan spiritualitas. Bisnis yang sejati harus dilandaskan pada spiritualitas dan akan menghasilkan tingkat spiritualitas yang lebih tinggi, baik bagi pelaku maupun pelanggan. Orang yang melayani orang lain dengan keahlian yang tinggi akan menjadi orang yang penting dan bernilai.
 
Mengapa Belajar Bisnis?
Jika kita dapat berbisnis/menguasai seluk beluk bisnis, maka kita akan memperoleh uang. Uang tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup . Selain itu, pengaruh bisnis sangat kuat dalam kehidupan sehari-hari, bisnis juga dapat dijadikan sebagai pekerjaan dan keinginan untuk memiliki  dan menjelaskan kepada konsumen tentang produk yang dihasilkan.



Sumber:
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Bisnis
melaniapuspa.blogspot.com/2010/10/unsur-unsur-penting-dalam-aktifitas.html?m=1
ruthsimatupang.wordpress.com/2011/02/02/sistem-perekonomian-dan-tujuan-kebijakan-bisnis/
sagara-zone.blogspot.com/2009/02/tujuan-bisnis.html?m=1
sheentazone.blogspot.com/2010/10/pengertian-bisnis-dan-jenisnya.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar