Total Tayangan Halaman

Selasa, 23 Desember 2014

GARUDA WISNU KENCANA

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau biasa disebut GWK merupakan salah satu tempat yang sangat terkenal di pulau Bali. Tempat ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, sekitar 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar. Di tempat ini telah direncanakan akan didirikan sebuah maskot Bali, yaitu sebuah patung raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi burung Garuda. Saat saya berkunjung ke sana, patung tersebut masih dalam proses penyelesaian dan ada beberapa bagian dari patung yang sudah jadi, misalnya patung Garuda, dan patung Dewa Wisnu yang masih terpisah dengan patung tangannya. Saya dan teman-teman sempat foto berlatarkan patung Garuda dan patung Wisnu. Patung-patung ini memang sangat besar, sampai-sampai orang yang berfoto di sana akan terlihat kecil. Akantetapi, kami berkunjung kesana ketika matahari mulai terbenam, sehingga pemandangan di area GWK tidak terlalu terlihat jelas.





Foto saya bersama temen-teman berlatarkan patung Garuda



Untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai kawasan GWK, berikut ini adalah bagian-bagian tempat dari kawasan ini:

1. Wisnu Plaza
Dari Wisnu Plaza kita dapat melihat pemadangan sekitar, karena tempat ini merupakan tanah tertinggi di kawasan GWK. Di tempat ini lah patung Wisnu di letakan sementara. Patung Wisnu itu sendiri dikelilingi dengan air mancur dan air sumur suci yang konon katanya tidak pernah kering bahkan pada saat musim kemarau.


Foto patung Dewa Wisnu

2. Street Teather
Bagi pengunjung yang ingin membeli buah tangan untuk keluarga dan kerabat, di tempat ini kita dapat menemukan banyak toko souvenir Bali dan merchandise GWK. Selain itu,bagi pengunjung yang merasa lelah setelah berjalan-jalan dan ingin memanjakan diri, disini juga tersedia banyak restoran dan tempat pijat refleksi kaki.

3. Lotus Pond
Lotus pond adalah tempat unik dengan pilar batu kapur di sisi dan patung Garuda menjadi latar belakang. Tempat ini merupakan area outdoor terbesar di GWK, atau bahkan kemungkinan area outdoor terbesar di Bali.



 Foto patung Garuda
4. Indraloka Garden
Indraloka Garden adalah salah satu tempat paling favorit di GWK untuk mengadakan pesta kecil menengah, perkumpulan, dan upacara pernikahan. Kita dapat melihat pemandangan Bali dari atas Indraloka Garden.

5. Amphitheatre
Amphitheatre adalah tepat outdoor lainnya yang merupakan untuk pertunjukan khusus. Setiap sore tepatnya pukul 18.30 sampai dengan 19.30 WITA kita dapat menonton tari Kecak secara gratis. Saat saya dan teman-teman berkunjung ke GWK, menonton tari kecak merupakan tujuan utama kami dan kami pun sempat menonton tari kecak walaupun sedikit terlambat. Tarian ini benar-benar sempat membuat saya merinding dan kagum.

6. Tirta Agung
Di tempat ini kita dapat mengunjungi patung tangan Wisnu yang merupakan bagian dari patung Garuda Wisnu Kencana yang terletak di dekatnya.

Demikian adalah cerita saya mengenai Garuda Wisnu Kencana, bagi kalian yang berkunjung ke Bali jangan sampai melewatkan tempat wisata ini. Saya berharap dapat berkunjung ke GWK lagi pada saat patung raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi burung Garuda sudah berdiri secara utuh.

referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar