Total Tayangan Halaman

Senin, 20 Oktober 2014

KELEZATAN NASI GORENG




                                                                     Nasi Goreng Seafood


Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan nasi goreng, karena nasi goreng merupakan masakan nasional Indonesia. Nasi goreng adalah sebuah menu makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng ataupun margarin, biasanya ditambah dengan kecap manis, bawang merah, bawang putih, lada, garam, sambal, dan sebagainya. Selain itu, kita juga dapat menambahkannya dengan telur, ayam, sosis, bakso, sea food, dan sebagainya sesuai dengan selera kita. Pada tahun 2011, sebuah polling internet yang diadakan oleh CNN International dan diikuti oleh 35.000 orang menempatkan nasi goreng berada di peringkat kedua dalam daftar “50 Makanan Terlezat di Dunia” setelah rendang.

Menurut catatan sejarah, nasi sudah mulai ada sejak 4000 SM dan nasi adalah senuah bagian penting dari masakan tradisional Tionghoa. Kemudian nasi goreng tersebar ke Asia Tenggara yang dibawa oleh para perantau Tionghoa yang menetap di sana. Kemudian mereka menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu dan cara menggorengnya. Nasi goreng sebenarnya muncul dari sifat dalam kebudayaan Tionghoa yang tidak suka makanan yang sudah dingin dan juga tidak suka membuang sisa makanan. Oleh karena itu, nasi yang sudah dingin itu mereka goreng untuk disantap lagi.

Nasi goreng merupakan salah satu makanan kesukaan saya, hampir di setiap tempat makan saya selalu memesan nasi goreng. Berbagai macam variasi nasi goreng sudah saya makan, seperti nasi goreng sea food, keju, telur, kambing, ayam, bakso, sosis, bahkan saya pernah makan nasi goreng yang dicampurkan dengan buah stroberi. Perpaduan rasa gurih dari nasi gorengnya yang bercampur dengan asamnya buah stroberi membuat rasa dari nasi goreng stroberi ini menjadi lezat dan unik. Selama ini kita mengenal nasi goreng selalu dicampurkan dengan kecap manis. Namun, sejak saya kecil nenek saya seringkali membuatkan saya nasi goreng putih. Ia hanya mencampurkan bawang merah, bawang, putih, cabai, dan garam ke dalam nasi gorengnya. Seringkali nenek saya juga menambahkan kacang polong ataupun berbagai macam variasi lainnya sesuai kreasinya.

Tahukah kalian? Ternyata nasi goreng adalah judul lagu Tante Lien, “Geef Mij Maar Nasi Goreng” (Berikan aku Nasi Goreng saja) yang direkam pada tahun 1979. Lagu ini mendemonstrasikan hubungan kuliner bersejarah antara Belanda dan Indonesia. Selain itu, juga mendeskripsikan betapa rindunya orang-orang keturunan Indo (Eurasia) yang menetap di Belanda dengan masakan Indonesia.
 Kemudian ada satu hal lagi yang harus kalian ketahui. Nasi goreng adalah bagian dari menu makan malam yang disajikan untuk Barack Obama pada kunjungan kenegaraannya ke Indonesia pada tahun 2010 lalu. Ia pun sangat memuji kelezatan nasi goreng yang dihidangkan dengan bakso dan emping. Hal ini semakin meyakinkan masyarakat dunia bahwa nasi goreng memang pantas menempati peringkat kedua dalam daftar “50 Makanan Terlezat di Dunia” setelah rendang.

Referensi:
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Nasi_goreng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar